hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Saturday, December 29, 2012

SIFAT SIFAT WANITA YG BAIK UTK DIJADIKAN ISTRI DAN IBU BAGI ANAK ANAKMU



1. Seorang perempuan yang beragama dan mempunyai sifat-sifat solehah serta takut akan Allah Subhannahu wa Ta'ala dan senantiasa menjauhkan diri daripada larangan-Nya dan perkara-perkara yang haram.

Ini adalah berdasarkan sabda Nabi Muhammad Shallallahu'Alaihi Wasallam. yang bermaksud :
"Menikahi wanita itu karena hartanya,cantiknya, dan krn keturunan,dan karena agamanya, maka utamakan olehmu menikah dengan wanita yang mempunyai agama yg baik”

Dalam sabda Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wasallam yang lainnya juga disampaikan bahwa:
“Barang siapa menikahi wanita karena hartanya, dan karena cantik rupanya, niscaya diharamkan akan hartanya dan cantik rupanya yakni diambil akan hartanya dan cantik rupanya dan barang siapa yang menikahi wanita karena agamanya niscaya diberi rezeki oleh Allah akan hartanya dan cantik rupanya.” (Al-hadits)

Maksud hadits tsb bhw harta dan rupa paras tidak dipentingkan dalam Islam.agamanyalah yg dipentingkan dan diutamakan!^^

Dalam hadits lain ada menyebut bahwa salah satu ciri wanita yang baik adalah apabila suami memandang isteri, si suami akan merasa senang dan tenang. Ini berdasarkan jawaban Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada sahabat apabila ditanya ‘Siapakah perempuan yang baik itu”. Maka jawab Rasulullah: “Perempuan yang baik itu ialah yang apabila engkau pandang mukanya, engkau akan rasa tentram”.

Maka dapat dikatakan bahwa paras rupa juga merupakan satu kriteria dalam memilih isteri. Walau bagaimana pun Rasulullah juga memberi amaran kepada lelaki supaya tidak memilih isteri semata-mata krn cantik rupa paras dan kekayaan saja krn ianya dikhawatirkan akan menjadi puncak kepada kepincangan sebuah rumah tangga.

Seperti mana sabda Rasulullah yang bermaksud ; “Janganlah kamu kawini perempuan itu karena keturunanya semata-mata krn dikhawatirkan disebabkan keturunan dan cantiknya menyebabkan kamu dihina olehnya,dan jangan kamu nikahi seorang perempuan semata-mata krn hartanya krn ditakuti hartanya menyebabkan dia melampaui batas terhadap kamu,tetapi hendaklah kamu nikahi seorang perempuan itu krn agamanya disamping paras rupanya yg cantik dan dari keluarga yang berharta”.

Namun Rasulullah tetap menyarankan supaya kriteria pertama yang akan dipilih apabila memilih isteri adalah dari segi agamanya seperti maksud sabdanya “Kalau sekiranya isteri kamu seorang hamba yang hitam kulitnya tetapi mempunyai agama yang kuat maka itu adalah lebih baik bagimu”.

2. Disunatkan memilih seorang perempuan yang baik perangai dan akhlaknya krn ia akan membantu dalam menyempurnakan ibadah terhadap Allah Azza wa Jalla.

Dikatakan bahwa seorang pempuan yang buruk perangainya dan jahat lidahnya akan mendatangkan banyak mudharat di dalam sebuah keluarga daripada manfaatnya melainkan suaminya itu adalah seorang yang sangat sabar orangnya dlm menghadapi isterinya.

Dalam hal ini dinyatakan juga bhw ada enam (6) sifat perempuan yang disarankan menghindarkan apabila memilih calon isteri.
Yaitu :

1.Sifat Al-Annaanah.

Perempuan yang banyakkan berkeluh kesah dan suka mengadu-ngadu padahal dia senantiasa menghiasi dirinya.
Jika dinikahi perempuan yang demikian akan menyakitkan hati dan tidak mendapatkan kebajikan dlm rumah tangganya.

2.Sifat Al-Mannaanah.

Perempuan yang banyak mengungkit terhadap suaminya,yaitu:
seorang isteri yang suka mengungkit tentang kebaikkannya ataupun keburukkan suaminya dalam kehidupan sehari" bersama suaminya.

3.Sifat Al-Hannaanah.

Perempuan yang membanding"kan suaminya dgn pria lain,hingga berkeinginan terhadap pria lain selain suaminya.

Diwajibkan kepada lelaki supaya menjauhi perempuan yang bersifat tersebut karena banyak mudharatnya.lbh baik tinggalkan dan menjauh dari perempuan tsb krn tdk bermanfaat.^^

4.Sifat Al-Haddaaqah.

Perempuan yang gemar akan tiap-tiap sesuatu dan iri pd org lain,dengan itu ia memberatkan suaminya,menuntut suami untuk membeli barang yg diinginkan seperti milik org lain tersebut.

5.Sifat Al-Barraaqah.

Terdapat dua sifat Al-Barraqah iaitu :

A. Terlalu suka menghias diri dan mencantikkan wajahnya secara menor dan berlebih"an diluar batas agar dinilai bagus oleh org lain.
B.Suka marah" pd rezeki yang didapat dan senantiasa merasa pemberian suami tidak mencukupi.merasa kurang terus,mana cukup buat belanja,mana cukup uangmu,tau ga harga dipasar mahal?? Tahu ga beras mahal? Tahu ga beli ayam mahal?tahu ga beli make up mahal?? Baju mahal? Baju anak" itu mahal",tahu ga?? Tahu ga beli pasar mahal-halaahh opo iki rek? Beli tahu aja,hehe^^ (Termasuk sifat suka membandingkan pemberian suami dengan orang lain yang mendapat lebih baik dari suami mereka pada anggapannya),kok suami dia bisa kaya? Kok suami dia bisa kerja ga pulang" bertahun" tapi kaya? Kok bisa suami dia jabatannya lbh rendah darimu tapi kaya,punya mobil,punya motor,punya rumah bagus,punya sapi,punya ternak kodok? Kok kamu jabatan tinggi naek angkot? Rumah bocor? Uang ga cukup sebulan ?? Kok mereka bisa ?? Cari kerja yg lain dong biar kaya,ngapain kek,kalo sayang istri usaha dong,cari duit yg banyak biar kayak org" itu !! - hallaaah..ga mikir toch si istri kenapa begitu suami? Wong hidupnya yg boros,royal ga bisa ngatur keuangan lah kok disalahin suami yg bergaji lbh dr 8 jt sebulan ?? Weleh weleh..hehe^^ ( misalnya loh ini ya,hehe)

6.Sifat Al-Sallaaqah.

Perempuan yang suka melebih"kan pembicaraan,suka bergosip,suka nguping urusan orang,
Yaitu perempuan yang suka bercakap sesuatu yang tidak berfaedah dan berbau umpatan.gosip..gosippp..ngomongin orang,fitnah sana,fitnah sini,maki sana maki sini,nyalahin sana nyalahin sini,ngumpat sana ngumpat sini,merendahkan sana,merendahkan sini,mencela sana mencela sini,ghibah sana ghibah sini,ngadu domba sana ngadu domba sini,dll^^

Selain itu menurut kata Saidina Ali r.a, terdapat juga sifat-sifat yang dianggap tidak baik jika ada pada seorang lelaki tetapi ianya baik jika terdapat pada seorang perempuan,yaitu :

A.Sifat Al-Baqlu.

Sifat kikir / kedekut karena dengan sifat ini akan terpelihara harta suami.

B.Sifat Az-Zahhu.

Sifat membesarkan diri / sombong krn apabila seseorang perempuan itu membesarkan dirinya maka enggan dia untuk berkata-kata dengan semua orang dengan perkataan yang lemah lembut. Maka dengan itu akan terpeliharalah suami dari perasaan cemburu dan gelisah.

C.Sifat Al-Jubnu.

Sifat penakut karena dengan sifat ini akan terhindar utk dia berani keluar rumah sesuka hati tanpa seizin suami dgn tak mengenal hari dan waktu.
(Kabur misalnya berhari",atau jalan" ngilangin mumet dirumah)

Sifat ini juga akan memelihara seorang isteri daripada sifat cemburu dan perasaan curiga suami.

3. Disunatkan memilih perempuan yang cantik rupa parasnya.

Disarankan untuk memilih seorang perempuan yang cantik rupa parasnya karena dengannya semoga akan terhindar keinginan lelaki tersebut untuk memandang akan perempuan yang lainnya. Namun di ingatkan lagi bahwa di larang untuk menikahi seorang perempuan yang cantik tetapi tidak mempunyai agama,tidak mengerti ttg agama.

Dalam hal ini kita disarankan juga untuk memilih seorang perempuan yang kurang cantik dari segi paras rupanya asalkan perempuan tersebut kuat beragama dan cantik akhlaknya,yakni berakhlak mulia .
jika pernikahan tersebut semata-mata untuk mengikut sunnah Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wasallam dan untuk mendapatkan Ridha-Nya serta untuk membantunya mendptkan rumahtangga yg sakinah,mawaddah dan rahmah,maka kebanyakkan orang-orang alim nan soleh memilih perempuan yang berakhlak mulia dan baik agamanya untuk dijadikan isteri.^_^

4. Disunatkan untuk memilih seorang perempuan yang mas kawinnya kurang / murah,tdk menuntut harus mahal,harus begini begitu. karena sabda Rasulullah yang maksudnya :
“yang terlebih baik perempuan itu ialah yang terlebih baik mukanya dan yang terlebih murah isi mahar kawinnya” al hadits.

Dan dalam hadist Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wasallam. yang lainnya bermaksud “Setengah dari baraqah maka perempuan itu yaitu segerakan dipersuamikan dan di segerakan rahimnya itu kepada beranak”(al-hadits)

Secara ringkasnya tanda-tanda seorang perempuan yang baik adalah Rendah mas kahwinnya, Disegerakan pernikahannya.dan menyegerakan untuk mendapat anak.

5. Disunatkan memilih perempuan yang banyak beranak / melahirkan anak krn sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. maksudnya ,"utamakanlah menikah dengan perempuan yang banyak anak dan perempuan yang banyak kasih sayangnya pada suaminya”

6. Disunatkan memilih perempuan yang masih muda(perawan) karena menurut Rasulullah apabila menikahi perempuan(yg muda-perawan) akan menjadi lebih mesra hubungan antara suami dan isteri.

7. Di sunatkan memilih perempuan yang berasal dari keturunan yang baik ,yaitu perempuan itu terdiri daripada anak cucu dikalangan orang yang beragama dan anak cucu dari orang yang soleh serta alim.

Di utamakan memilih perempuan mau pun lelaki dari kalangan yang baik-baik krn menurut Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, sifat baik dari ibu bapak kadang kala akan di warisi oleh anak dari lelaki maupun perempuan. “Keturunan baik itu akan diwarisi oleh anak-anaknya”

Di samping itu Rasulullah menasehatkan supaya lelaki berhati-hati apabila memilih perempuan agar tidak memilih perempuan yang mempunyai paras rupa yang cantik berasal dari keturunan yang buruk&rusak akhlaknya.

8. Disunatkan memilih perempuan yang bukan dari kerabat dekat,karena yang demikian itu mengurangkan syahwat. Sabda Nabi Shallallahu'Alaihi Wasallam pula menyebut yang maksudnya:
“Jangan kamu nikahi perempuan dari kerabat dekat,bahwa sesungguhnya anak itu dijadikan lemah tubuhnya” (al-hadits)

Demikianlah delapan(8) sifat wanita yang di nyatakan oleh Imam Al-Ghazali di dalam kitabnya.

Semoga memahami yg disampaikan dgn hikmah yg baik.^^

Barakallahu^^

7 comments:

  1. Replies
    1. apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
      Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa ruba nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
      Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D Asil Ritual Kami
      Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
      cara kirim pulsa 300 ribu di no:0823 2289 8427
      kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
      Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual mbah suryo 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasi..

      Delete
  2. semoga bermanfaat bagi ummat muslim sedunia amien3x,,

    ReplyDelete
  3. ASSALAMUALAIKUM, SAYA SEKELUARGA SANGAT MENGUCAPKAN BANYAK terimah kasih PADA OM AGUS,DI NOMOR HP=085399278797… MELALUI PERTOLONGAN EMBA SAYA BISA MENANG TOGEL (4D) dan uangnya SANGAT BERGUNA BAGI SAYA .. KARNA SAYA PAKAI UNTUK BEROBAT, SAYA SEMPAT PUTUS ASA NAMUN BERKAT SEMANGAT ISTRI SAYA YANG SELALU MENEMANI SAYA dngan penuh kesabaran MEMBUAT SAYA JUGA IKUT BERSEMANGAT MENJALANI HIDUP, KARNA SAYA MBAH TIDAK BISA BEKERJA KARNA PENYAKIT PARU-PARU YANG SAYA ALAMI SUDAH 3 TAHUN, BERKAT BANTUAN EMBA DENGAN SEISIN ALLAH ALHAMDULILLAH KINI SAYA SUDAH BISA SEMBUH .. SEMOGA KEBAIKAN AKI DI BALAS OLEH ALLAH , DAN BAGI ANDA YANG INGIN DI BANTU SAMA OM AGUS SILAHKAN hbg :085399278797…………TRIMASIH………..

    ReplyDelete

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D