hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Thursday, June 20, 2013

TIPS MEMILIH BATERAI DOUBLE POWER

Baterai Double power, High Capacity...apa benar???

Banyak beredar baterai - baterai dengan label "Double Power", "Super High Capacity", dll tapi bentuk dan ukuran volume nya sama, Apa benar?....
Kebanyak orang membandingkan dengan berdasarkan pemakaian saja, baterai ini bisa lebih kuat setengah hari dari ori nya, atau baterai merek "H" itu bisa tahan 2hari. Gimana kalau orang yang pakai nya rajin BBM atau karena telpon sesama operator murah/gratis jadi sekali telpon bisa 1jam, lalu apa baterainya tetap saja sore hari harus di charge lagi.
Pemakaian daya setiap hp berbeda-beda, hp dengan keadaan standby LCD padam, berbeda jauh dengan kondisi LCD menyala, apalagi ditambah GPRS jalan karena sedang browsing, lebih besar lagi daya yang dipakai.


Kali ini saya mau membandingkan kekuatan baterai dari kapasitas sebenar nya yang diukur oleh mesin Battery Analyzer, cara kerja mesin ini adalah sebagai berikut:
baterai diisi (charge) sampai penuh, setelah penuh dengan tegangan 4,2V, dikosongkan (discharge) dengan arus yang konstan sampai tegangan baterai turun dimana pada tegangan tersebut jika di HP sudah tidak dapat bekerja (sekitar 3V).
Lama nya pengosongan akan diukur dan langsung ditampilkan di layar mesin dengan satuan miliAmpere Hour(mAh)

Baterai yang akan di uji adalah baterai Blackberry 9900 Dakota (JM-1)original
Baterai diambil dari kotak Blackberry yang baru dibeli.
Setelah sekitar 2jam baterai selesai dites, hasil nya

Spoilerfor Hasil Tes:


Kesimpulan:
Kapasitas yang terukur 1228mAh, mendekati yang tercantum di label baterainya 1230mAh.
Tebal baterai 3,9mm (ukuran standar utk tipe JM1)

Baterai JM1 Alv
Baterai saya beli di ITC Roxy Mas, tipe baterai ini yang tanpa pairing, jadi bisa dipakai langsung, tanpa perlu di pairing dengan baterai original nya.
Dengan settingan mesin tes yang sama, baterai ini saya tes.
Hasil tes

Spoilerfor Hasil Tes:


Kesimpulan:
Kapasitas terukur 1440mAh berbeda jauh dari yang tertera di label 1700mAh, sekitar 85% dari kapasitas tercantum.
Tebal baterai 4,3mm, lebih tebal dari original (3,9mm) jadi jelas kapasitas nya lebih besar dari original karena volume isi baterai lebih besar. Jika dipasang di Blackberry 9790 Belagio, tutup baterai tidak bisa ditutup dengan rapat.

Baterai JM1 Hip1600mAh
Jenis baterai ini perlu dipairing dengan baterai originalnya
Dengan mesin yang sama dan settingan yang sama.

Spoilerfor Hasil tes:


Kesimpulan:
Kapasitas terukur 1179mAh, kapasitas tercantum di label 1600mAh, sekitar 73% dari kapasitas tercantum di label.
Tebal baterai 3,9mm, sama seperti original nya, jadi bisa dipakai untuk tipe Blackberry 9790 Belagio dengan tertutup rapat.

Baterai JM1 TP
Jenis baterai ini perlu dipairing dengan baterai originalnya
Dengan mesin yang sama dan settingan yang sama.

Spoilerfor Hasil tes:


Kesimpulan:
Kapasitas terukur 1265mAh, kapasitas tercantum dilabel 2000mAh, jadi cuma 63%dari kapasitas tercantum
Tebal baterai 4,1mm, lebih tebal 0,2mm dari orginalnya.

Dari hasil tes ketiga merek tersebut diatas bisa disimpulkan:
Kapasitas baterai yang tercantum tidak menjamin kapasitas sebenar nya, dan memang tidak ada sertifikat yang menjamin ukuran kapasitas yang tercantum di label.
Volume isi baterai menentukan kapasitas baterai nya, baterai lebih tebal (volume lebih besar) kapasitas lebih besar.

Jadi dari ketiga baterai tersebut kapasitas tercantum jauh dari kapasitas sebenarnya. Selama volume baterai tidak berubah jauh, kapasitas baterai pun tidak berbeda jauh dari original nya.

Ada cara lain untuk mengetahui kapasitas baterai, berdasarkan referensi : Battery University

Lihat tabel, Material Li-cobalt yang biasa dipakai pada baterai hp.
Spoilerfor Tabel nya:


Specific energy : 150-190Wh/kg
Jadi kita perlu timbang baterai nya

Spoilerfor Hasil penimbangan:



Untuk Baterai Original
Berat total 26gr, perkiraan berat kertas label+rangkaian protection+plat baterai adalah 2gr, maka berat material isi baterai 24gr atau 0,024kg
Total Energy = 0,024kg x 190wh/kg = 4,56wh
Kita tahu rumus dibawah ini:
Daya = Arus x Tegangan
watt = Ampere x Volt
4,56wh = Ah x 3,6
maka kapasitas (Ah) = 1,267 atau 1267 mAh

Untuk merek lain:
Alv = 28 gr
setelah dihitung dengan cara di atas, didapat 1372mAh

HIP = 26 gr, hasil perhitungan jadi kapasitas 1267mAh
TP = 26 gr, hasil juga sama 1267mAh

dari perhitungan diatas, tidak mungkin dapat kapasitas diatas 1600mAh, kalau berat material pengisi baterai cuma sekitar 24-26gram saja.
(mohon dikoreksi jika perhitungan salah)

Cara lain supaya HP bisa lama dipakai, silahkan baca ini :
Kalo HP boros baterai, kenapa harus cari baterai kapasitas (mAh) besar???

Tes Baterai yang Lain:
Tes Baterai Samsung Galaxy S2 Tes Baterai Samsung Galaxy Ace (EB494358VU) Test Baterai SE tipe EP500 merek "IDL"
Beberapa hasil tes baterai yang kapasitas di label besar-besar (foto dibawah ini adalah hasil tes sebenarnya, sengaja merek disamarkan, karena kami tidak mau menjelekan merek tertentu, kami hanya menyampaikan kebenaran saja)
Spoilerfor Foto yang berbicara:


BP-4L, ukuran sama dengan original


BL-5C, ukuran sama dengan original


JM1, ukuran sama dengan original


MS1, lebih tebal 1mm dari original nya


2 baterai berbeda di tes pada 2 mesin tes yang berbeda pula.

Silahkan menilai sendiri.....

COPAS DARI :
SUMBER ARTIKLE DI WEB KASKUS OLEH AGAN kjs2007

17 comments:

  1. wah gan baru tau, jadi batere di luar yg bilangnya double power ternyata kapasitasnya ga sesuai ya? ada merk batere yg rekomended ga nih? yg kualitasnya bagus dan kpasitas mah nya sesuai dengan yg dtulis di baterainya

    ReplyDelete
  2. pakai merk Idol kapasitasnya ASLI REAL ga bohong dan sudah teruji dan terbukti lho

    ReplyDelete
  3. yang original nya gan pasti terbaik :D

    ReplyDelete
  4. Merek baterai IDOL di jakarta belinya dmn yah min?
    Thx bgt buat infonya :)

    ReplyDelete
  5. Gimana gan cara ukur baterei klo ngga pakai alat itu. tapi pakai lampu bisa ngga. hasilnya baru pakai rumus elktronika.

    nice info (Y)

    ReplyDelete
  6. terima kasih untuk infonya gan. sangat bermanfaat memang benar baterai double power ini banyak yang tidak sesuai dengan kapasitas di labelnya sering mengada ada padahal isinya sudah pasti tidak sesuai isinya. kalo yang bagus memang ada gan harganya juga bagus pastinya ane sering pakai merk superlion klo kata orang konter bapak baterai handphone. kalo harga murah memang jd pertanyaan, kalo harga bagus kualitas juga bagus pastinya

    ReplyDelete
  7. ngeri .
    klo btreinya udah bcor mnding jual ja hpnya

    ReplyDelete
  8. Saya pakai baterai idol buat BB Z10 start 100%dari jam 5 pagi,terus aktiff BBM,baterai baru d ces jam 3 sore,dgn sisa 10%.kalo.pakai batrrai ori bawaan hp,start dari jam 5 pagi,ngecarger nya jam 11 siang,kan jauh lbh bagus merk idol.kalo mau beli invite pin ini 2bbff65d

    ReplyDelete
  9. Saya pakai baterai idol buat BB Z10 start 100%dari jam 5 pagi,terus aktiff BBM,baterai baru d ces jam 3 sore,dgn sisa 10%.kalo.pakai batrrai ori bawaan hp,start dari jam 5 pagi,ngecarger nya jam 11 siang,kan jauh lbh bagus merk idol.kalo mau beli invite pin ini 2bbff65d

    ReplyDelete
  10. Untuk baterai idol silakan kunjungi www.klikidol.com

    ReplyDelete
  11. Ah batere Idol kentut lah. Sama aja ama hippo malahan sering tiba2 mati baterenya gak pake peringatan.

    ReplyDelete
  12. Baterai idol baru beli bulan januari 2016. Bru dipakai sehari di iphone sdh ngedrop baterainya bru juga 40%. Sdh di charger sesuai aturan selama 6 jam waktu low baterai 1% tanpa dihidupin standby.

    ReplyDelete
  13. jujur saya udah pake hippo,idol,superlion,transformers,vizz,adss dll, setau saya paling oke itu kayaknya cuma wellcome

    ReplyDelete
  14. Yang kualitas paling bagus itu baterai vizz full cell...klo baterai double power mah banyak.klo full cell cman vizz.yg minat bisa di add pin bb:2a689152
    Grosir/reseller welcome...

    ReplyDelete
  15. Nma'y pdgng psti blg bgus,,

    ReplyDelete
  16. Nma'y pdgng psti blg bgus,,

    ReplyDelete

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D