hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Saturday, June 22, 2013

Standar Gaji Bagi Fresh Graduate



Daftar UMR seluruh indonesia 2013


Berita Terkini>>Hot News Week Ipod UMR Terbaru Informasi Windows mail
Beberapa minggu yang lalu banyak sekali para buruh melakukan
Demonstrasi untuk menuntut kenaikan Upah mereka karena setiap
tahunnya memang harga-harga barang dan sembako selalu naik mengikuti
Inflasi yang terjadi. Disamping itu upah minimum para buruh di tahun 2012
belum memenuhi standart kebutuhan yang layak, sama seperti
Angka Kehidupan Layak atau KHL di setiap Kota, dan Kabupaten
maupun Propinsi. Saat ini beberapa Daerah di Indonesia sudah
mengeluarkan daftar UMR atau UMP.

Dibawah ini adalah daftar lengkap UMR atau UMP 2013 untuk 
seluruh Indonesia, seperti UMR DKI Jakarta, Jawa Tengah,
Jawa Barat,Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.


UMR 2013 DKI Jakarta Tahun 2013 sebesar Rp 2.200.000,
UMR 2013 Kalimantan Barat Tahun 2013 sebesar 1.060.000,
UMR 2013 Kalimantan Selatan Tahun 2013 sebesar 1.337.500,
UMR 2013 Kalimantan Tengah Tahun 2013 sebesar 1.553.127
UMR 2013 Kalimantan Timur Tahun 2013 sebesar 1.762.073,
UMR 2013 Nangroe Aceh Darussalam tahun 2013 sebesar 1.550.000,
UMR 2013 Sumatera Utara Tahun 2013 sebesar 1.305.000,
UMR 2013 Sumatera Barat Tahun 2013 sebesar 1.350.000,
UMR 2013 Kepulauan Riau Tahun 2013 sebesar 1.365.087,
UMR 2013 Jambi Tahun 2013 sebesar 1.300.000,
UMR 2013 Bangka Belitung Tahun 2013 sebesar 1.265.000,
UMR 2013 Bengkulu Tahun 2013 sebesar 1.200.000,
UMR 2013 Sulawesi Tenggara Tahun 2013 sebesar 1.125.207,
UMR 2013 Sulawesi Selatan Tahun 2013 sebesar 1.440.000,
UMR 2013 Propinsi Papua Tahun 2013 sebesar 1.710.000.
UMR 2013 Semarang : Rp 1.209.100
UMR 2013 Kabupaten Demak : Rp 995.000
UMR 2013 Kabupaten Kudus : Rp 990.000
UMR 2013 Kabupaten Jepara : Rp 875.000
UMR 2013 Kabupaten Pati : Rp 927.600
UMR 2013 Kabupaten Rembang : Rp 896.000
UMR 2013 Kabupaten Boyolali : Rp 895.000
UMR 2013 Kota Surakarta : Rp 915.900
UMR 2013 Kabupaten Sukoharjo : Rp 902.000
UMR 2013 Kabupaten Sragen : Rp 864.000
UMR 2013 Kabupaten Karanganyar : Rp 896.500
UMR 2013 Kabupaten Wonogiri : Rp 830.000
UMR 2013 Kabupaten Klaten : Rp 871.500
UMR 2013 Kabupaten Kendal : Rp 953.100
UMR 2013 Kabupaten Semarang : Rp 1.051.000
UMR 2013 Kota Salatiga : Rp 974.000
UMR 2013 Kabupaten Grobogan : Rp 842.000
UMR 2013 Kabupaten Blora : Rp 932.000
UMR 2013 Kota Magelang : Rp 901.500
UMR 2013 Kabupaten Magelang: Rp 942.000
UMR 2013 Kabupaten Purworejo: Rp 849.000
UMR 2013 Kabupaten Temanggung : Rp 940.000
UMR 2013 Kabupaten Wonosobo : Rp 880.000
UMR 2013 Kabupaten Kebumen : Rp 835.000
UMR 2013 Kabupaten Banyumas : Rp 877.500
UMR 2013 Kabupaten Purbalingga : Rp 896.500
UMR 2013 Kabupaten Batang : Rp 970.000
UMR 2013 Kota Pekalongan : Rp 980.000
UMR 2013 Kabupaten Pekalongan : Rp 962.000
UMR 2013 Kabupaten Pemalang : Rp 908.000
UMR 2013 Kota Tegal : Rp 860.000
UMR 2013 Kabupaten Tegal : Rp 850.000
UMR 2013 Kabupaten Brebes : Rp 859.000
UMR 2013 Cilacap Kota: Rp 986.000
UMR 2013 Cilacap Timur : Rp 861.000
UMR 2013 Cilacap Barat : Rp 816.000
UMR 2013 Kabupaten Banjarnegara : Rp 835.000


Standar Gaji Bagi Fresh Graduate (SMA, DIII & S1)

Dalam sebuah diskusi di milis angkatan, seorang teman saya dari UI menanyakan berapa sih standar gaji bagi seorang yang baru lulus dari jenjang studinya alias Fresh Graduate. Pertanyaan ini gampang-gampang susah untuk dijawab karena tentu saja sangat relatif di perusahaan mana anda bekerja. Tapi kalau tidak ada informasi tentang standar gaji, tentu saja kasihan para fresh graduate tidak punya patokan gaji yang diinginkan pada saat interview. Berdasarkan hal tersebut saya ingin mencoba membuat suatu standar tidak baku berdasarkan informasi dan survey kecil-kecilan yang saya lakukan terhadap orang-orang di sekitar saya. Semoga bisa berguna. 

SARJANA (S1)

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan dari teman saya yang bekerja di bagian HRD perusahaan standar (bukan perusahaan besar dan tidak juga terlalu kecil), perhitungan gaji bagi seorang sarjana Fresh Graduate adalah sebagai berikut:

THP = (2 x UMR) + 200rb

Jadi misalnya untuk wilayah Jakarta pada tahun 2007 dengan UMR sebesar Rp. 900.000,- sebulan maka standar gaji bagi fresh graduate di Jakarta adalah:

THP = (2 x 900.000,-) + 200.000,- = Rp. 2.000.000,-



DIPLOMA (DIII)

Standar gaji Bagi DIII Fresh Graduate adalah sebagai berikut:

THP = (1.5 x UMR) + 100rb

Jadi untuk wilayah jakarta standar gaji bagi lulusan DIII Fresh Graduate adalah:

THP = (1.5 x 900) + 100rb = Rp. 1.450.000,-



SMA

Bagi lulusan SMA fresh graduate perhitungan gajinya adalah sebagai berikut:

THP = UMR

Jadi untuk wilayah Jakarta:

THP = Rp. 900.000,-



Catatan:

Namun perlu diingat pada dasarnya tidak ada standar baku tertentu dalam menentukan seorang karyawan harus digaji berapa.. Selama itu di atas UMR, maka sah-sah saja.. Kalau ditanya kenapa bisa muncul rumus 2xUMR + 200rb bagi S1 Fresh Graduate, sekali lagi itu saya dapet dari beberapa sumber, tapi cukup logis sih menurut saya. Kalau dipikir-pikir argumennya mungkin sbb:

Upah Minimum Regional (UMR) itu khan didasarkan pada standar hidup minimal di suatu kawasan. Nah itu biasanya diterapkan pada pekerja kelas menengah ke bawah, standar pendidikan untuk mereka kan biasanya SMP/SMA. Kalo di pabrik biasanya disebut kelas pelaksana pekerjaan.

Nah kalo lulusan sarjana S1 Fresh Graduate itu kan biasanya langsung ada di level staff atau supervisor lah minimal. Maka standar hidupnya pun pasti lebih tinggi. 2 kali UMR tentu saja wajar.. Mungkin dari situlah muncul rumus 2 x UMR.

Nah kalo 200rbnya nggak tau juga dehh.. Mungkin ongkos pulang pergi ke kantor selama satu bulan kali ya.. Hehehe..

Oiya argumen di atas tidak didasarkan pada fakta apapun, apalagi penelitian mendalam. Cuma pendapat pribadi aja. Okeh.

DISCLAIMER
Standar gaji bagi fresh graduate di atas tidak berlaku bagi anda jika:
Bapak/Ibu anda adalah pejabat yang punya tanggung jawab membagikan tender proyek pembangunan bagi perusahaan-perusahaan.
Anda terlahir sebagai putra mahkota dari HM Sampoerna.
Om/Tante anda direktur Astra Intl, ataupun perusahaan besar lainnya.
“Bakrie” atau “Kalla” menjadi nama belakang pada nama anda.
PENUTUP
Ingat standar gaji di atas hanya untuk Tahun pertama. Pada tahun pertama dapatkanlah pengalaman kerja dan kemampuan sebaik-baiknya agar bisa kita jual kepada perusahaan. Setelah punya pengalaman kerja setaun, jangan mau dibayar cuma segitu.. Kita harus jual mahal dikit biar naikin pasaran.

Nah kalo sudah setahun pengalaman, terserah pinter2nya kita sih.. Mau minta 3 juta? 5 juta? 7 juta? Atau lebih dari itu? Terserah anda.. Sesuaikan dengan keadaan perusahaan pastinya.. Kalo ada kesempatan pindah ke tempat yang lebih baik, mengapa tidak dicoba..
Selamat Mengejar Karir Terbaik..

Mungkin rekan-rekan lain ada yang mau share pengalaman mengenai gaji fresh graduate di tempat anda? Semoga dapat membantu bagi rekan-rekan kita yang sedang mencari pekerjaan..




1 comment:

  1. sekarang sudah tidak berlaku lagi y mas untuk lulusan S1. soalnya lulusan S1 paling di hargai 2.5jt sampe 3jt.
    klo berdasarkan rumus di atas. UMR jakarta 2014 (2.4jt x 2) + 200rb = 5jt.
    kayanya ga ada perusahaan yang mau gaji fresh graduate sebesar itu.haha

    ReplyDelete

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D