hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Monday, April 1, 2013

PENTINGNYA POHON UNTUK KITA DAN BUMI

Manfaat Pohon Bagi Kelangsungan Hidup

Manfaat Pohon Bagi Kelangsungan Hidup bagi semua mahluk hidup di bumi ini sangatlah penting dan tidak bisa kita kesampingkan. Manusia, apapun warna kulit, agama dan suku bangsanya hidup di bumi yang sama. Oleh karena itu, tanggung jawab untuk mempertahankan keberadaan bumi ada di tangan kita. Bila ingin memperoleh lingkungan yang baik, kita harus memperlakukan lingkungan dengan baik pula. Mustahil tercipta lingkungan baik, bila kita tidak peduli terhadapa keberadaan pohon. Pohon memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia.


1. PRODUSEN

Di alam, terjadi proses hubungan timbal balik, ketergantungan antarkomponen selalu melibatkan unsur tanaman. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Rantai makanan dan piramida makanan, misalnya. Ketiganya menempatkan tanaman pada posisi strategis, yaitu sebagai penyedia makanan atau produsen. Oleh karena itu, bila tanaman yang bertindak sebagai produsen sampai terganggu keberadaannya atau bahkan terancam kepunahan, dapat dipastikan semua makhluk hidup lain pun akan terancam kepunahan pula.

2. MENAHAN LAJU AIR DAN EROSI

Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air. Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60 - 80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.

3. MENJAGA KESUBURAN TANAH

Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir - butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

4. MENGHASILKAN OKSIGEN DAN MENGURANGI KARBONDIOKSIDA

Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2

5. LINGKUNGAN MENJADI NYAMAN

Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.

6. MENGURANGI ZAT PENCEMAR UDARA

Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat - zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

Mari sayangi kehidupan pohon disekeliling kita karena itu semua sumber kehidupan buat kita. dan bila perlu tanamlah pohon disekeliling rumah kita. disamping memperindah rumah juga ada fungsi lain, membuat udara disamping kita menjadi sehat. jagan lihat manfaat itu saat kau tanami kecil tapi lihat saat pohon itu semakin besar.manfaatnya akan lebih terasa untuk anak cucu kita

sumber

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D