hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Thursday, April 24, 2014

Cara yang Benar Makan & Masak 3 Jenis Makanan Ini

Cara yang Benar Makan & Masak 3 Jenis Makanan Ini

Klikdokter.com – Anda biasa memasak sayur bayam dengan merebusnya? Atau akrab dengan terbiasa memotong buah untuk disantap? Sebaiknya mulai merubah kebiasaan tersebut, karena jika demikian Anda selama ini memasak dan makan dengan cara yang salah. (Baca: 5 Kebiasaan Makan di Restoran yang Menyebabkan Kegemukan)


Simak beberapa cara memasak dan makan yang sebaiknya dianjurkan secara kesehatan berikut ini:

    •    Sayuran
 
Kesalahan Anda         : Merebus / Microwave
Cara yang Benar               : Kukus

Mengkukus merupakan cara yang tepat untuk membantu mempertahankan nutrisi anti-kanker yang  ada di dalam brokoli sesuai dengan penelitian dari University of Illinois. Sulforaphane (kandungan anti-kanker) ada dalam jumlah yang tinggi di sayuran brokoli, kol, kubis, dan argula.  Enzim myrosinase merupakan enzim yang penting untuk mencerna kandungan diatas dapat hilang bila metode masak yang dilakukan salah. (Baca: Mengolah Makanan Sehat yang Benar)

Mengukus dengan panas yang rendah tidak dapat merusak myrosinase. Baiknya adalah mengkukus brokoli menggunakan keranjang 3 -4 menit saja untuk memicu keluarnya kandungan anti-kanker tersebut.
  
 •    Strawberries
 
Kesalahan Anda               : Memotong sebelum makan
Cara yang benar               : Makan Sepenuhnya
Strawberry yang dimakan secara penuh mengandung 8 %– 12% vitamin C lebih banyak dibandingkan buah strawberry yang dipotong menurut sebuah studi thaun 2011 di Brazil. Hal ini terjadi karena vitamin C lebih cepat terpecah saat terpapar oleh cahaya dan oksigen. Untuk meningkatkan kandungan vitamin C, coba simpan strawberry di lemari es. Udara dingin juga membantu menyimpan vitamin C.  (Baca: Buah & Sayuran Penangkal Serangan Jantung)
  
 •    Tomat

Kesalahan Anda                :  Makan secara Mentah
Cara yang Benar               : Memanaskan
Sayur tomat telah sering dihubungkan dengan berkurangnya resiko terkena penyakit stroke, melawan penyakit kanker prostat, dan melindungi otak dari proses penuaan. Memanaskan tomat meningkatkan kandungan Lycopnes, sebuah komposisi kimia yang dapat meningkatkan kadar antioksidan. Sebuah studi yang baru saja diterbitkan oleh The British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi tomat yang mentah menunjukkan kadar Lycopene yang lebih rendah dibandingkan dengan orang lain. Masaklah tomat dengan minyak zaitun untuk meningkatkan kandungan nutrisi. Lycopene ini juga larut dalam lemak, jadi Anda harus mengkonsumsi lemak agar badan dapat menyerap kandungan ini dengan cepat. (Baca: Diet Dengan Tomat)

"Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

dr. Dewi Ema Anindia


Sumber 

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D