hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Friday, July 4, 2014

Waspadai Parcel Kedaluwarsa

Waspadai Parcel Setengah Kedaluwarsa 29-05-2014 21:22

Quote:Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengingatkan konsumen supaya berhati-hati membeli parcel yang mulai beredar di pasaran saat puasa berlangsung. "Kadang barang setengah kadaluarsa atau mau habis (masa edar) itu kita temukan dalam parcel," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo, saat dihubungi Tempo, Kamis, 29 Mei 2014.


Menurut Sudaryatmo, konsumen berhak menanyakan ihwal keamanan barang atau produk yang beredar, sehingga perusahaan wajib melakukan pengecekan termasuk menarik barang yang segera kedaluwarsa. "Nah, paket parcel itu biasanya jadi kesempatan menjual barang itu (menjelang kedaluwarsa)," kata dia.

Momen puasa dan Lebaran, kata dia, merupakan kesempatan bagi perusahaan meningkatkan omzet penjualan. Mereka berupaya menghabiskan semua stok barang meskipun dengan harga miring, termasuk dengan menyelipkan barang setengah kedaluwarsa. "Amati dengan teliti mulai barangnya sampai harganya," kata Sudaryatmo.

Selama momen tersebut, Sudaryatmo mengimbuhkan, perusahaan gencar menawarkan beragam barang dagangnnya melalui promo yang menggiurkan, sehingga konsumen diminta tetap waspada dan jangan terkecoh dengan harga murah. "Cek harganya wajar atau tidak, kalau terlalu murah justru kita harus waspada."

Untuk menghindari hal tersebut, Sudaryatmo meminta pemerintah melakukan pengawasan secara berkala kepada semua perusahaan pembuat parcel, serta mengajak masyarakat tetap berhati-hati. "Meskipun kita mendapat hadiah, konsumen berhak mengecek dan menanyakan nama perusahaannya," kata dia.

4 Tip Aman Beli Parcel Versi YLKI

Momen puasa yang bakal segera dijalani warga muslim Tanah Air menjadi kesempatan perusahaan meningkatkan penjualan produknya. Beragam produk makanan tak terkecuali paket parcel siap membanjiri pasar selama momen tersebut berlangsung.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengingatkan agar konsumen tetap berhati-hati membeli setiap barang termasuk paket parcel yang akan diberikan.

Untuk memberikan rasa aman bagi konsumen, Sudaryatmo memberikan beberapa tips dalam membeli paketan parcel. Pertama, ketahui perusahaan pembuat parcel tersebut. "Kalau perusahaannya tidak jelas, mendingan setop dulu, jangan beli," kata dia kepada Tempo, Kamis, 29 Mei 2014.

Kedua, amati atau periksa seluruh barang dalam parcel yang akan dibeli. Apakah paketnya diisi barang impor atau produk lokal. "Perusahaan harus menjelaskan secara detail agar konsumen tahu," ujar Sudaryatmo. "Pembeli parcel itu tidak semuanya mengerti ihwal masa kadaluarsa suatu barang."

Ketiga, kata Sudaryatmo, bandingkan harga paket parcel yang ditawarkan antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Jika mencurigakan, konsumen diharapkan mengurungkan membeli paket tersebut. "Kalau parcelnya terlalu murah jelas kita harus curiga," kata dia.

Keempat, belilah parcel di tempat netral atau pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau mal yang dibantu dengan petugas yang bisa menjelaskan isi paketan tersebut. "Pokoknya jangan beli parcel di tempat yang tidak lumrah, seperti pinggir jalan," ujar Sudaryatmo.


hati2 ya mulai rame nih soalnya, iya sih memang setiap tahun tapi ga ada salahnya kita saling mengingatkan bukan? ini berlaku bagi anda yang disuruh kantor untuk memilih parcel yang cocok bagi karyawan2 lainnya, kalau anda salah beli maka karyawan2 lainnya yang jadi korban loh 


 sumber

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D