hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Friday, May 23, 2014

cara perayaan kelulusan yang lebih bermanfaat


Perbaiki Taman Bungkul, Merayakan Kelulusan Dengan Lebih BermanfaatOleh Petrus Riski, Surabaya | Mongabay – 22 jam yang lalu




Merayakan kelulusan biasanya dilakukan dengan aksi corat-coret serta konvoi kendaraan …




Merayakan kelulusan biasanya dilakukan dengan aksi corat-coret serta konvoi kendaraan …


Aksi memperbaiki taman di area taman Bungkul yang rusak sebagai ungkapan syukur telah lulus. Foto: Petrus Riski

Merayakan kelulusan biasanya dilakukan dengan aksi corat-coret serta konvoi kendaraan bermotor, namun hal itu tidak berlaku bagi siswa-siswi SMA Al-Muslim Sidoarjo. Belasan siswa-siswi sekolah berbasis lingkungan ini merayakan kelulusan dari bangku SMA, dengan melakukan aksi menanam tanaman di taman Bungkul dan sekitarnya.

Usai menerima amplop berisi surat pemberitahuan kelulusan dari sekolah, para pelajar SMA ini melakukan sujud syukur, dan melakukan aksi tanam pohon untuk membantu Pemerintah Kota Surabaya memperbaiki taman yang rusak. Taman Bungkul serta taman-taman di pulau jalan dan sekitar raya Darmo, rusak parah pada 11 Mei lalu, akibat adanya kegiatan bagi-bagi es krim gratis oleh salah satu perusahaan es krim.

Dikatakan oleh Kanza Pavira Mamoko, salah seorang siswa yang lulus, kegiatan menanam pohon dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur yang positif, daripada harus merayakan dengan aksi corat-coret baju atau tembok, serta konvoi kendaraan bermotor yang mencemari udara.

“Untuk mewujudkan rasa syukur, kita melakukan tanam pohon ini, untuk memperbaiki taman Bungkul yang sudah rusak kemarin. Nah dari pada kita mencorat-coret baju, terus konvoi-konvoi yang gak jelas kegunaannya kayak gitu,” ungkap Kanza kepada Mongabay-Indonesia, Selasa (21/5).

Kanza menambahkan, dipilihnya aksi menanam tanaman ini dilakukan, karena sudah menjadi kebiasaan di sekolah yang memasukkan kurikulum berbasis lingkungan.

“Sekolah kami memang berkarakter atau berwawasan lingkungan, dari awal sudah diajarkan di sekolah, mengenai green education. Bagaimana agar siswa itu tidak buang sampah sembarangan, verticulture, dan pendidikan lingkungan lainnya juga dimasukkan,” tutur Kanza.

Sekolah Al-Muslim Sidoarjo menerapkan sekolah berbasis lingkungan, yang mengajarkan pengetahuan serta praktek untuk mencintai lingkungan. Beberapa kegiatan seperti menanam atau berkebun telah diajarkan sejak siswa tingkat Sekolah Dasar (SD).


Sejumlah siswa memperbaiki taman pasca tragedi Es Krim Wall’s bagi-bagi es krim gratis yang merusak tanaman di Taman Bungkul. Foto: Petrus Riski

“Kalau tingkat SD sudah diajari menanam tanaman pangan, hingga hasilnya dapat dipanen dan dijual ke pasar terdekat. Ada mangga, jagung,” kata Kanza lebih lanjut.

Wakil Kepala SMA Al-Muslim Sidoarjo, Mahmudah Herawati mengatakan, aksi tanam pohon merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya pelestarian lingkungan, yang harus menjadi kebiasaan positif generasi muda saat ini.

“Ini untuk mengapresiasi siswa dalam bentuk kegiatan positif dengan menanam, termasuk ikut merawat taman Bungkul yang kemarin sempat rusak itu. Jadi dengan adanya kelulusan ini, corat-coret itu kan fenomena yang harus dibuang jauh-jauh sehingga kita apresiasi untuk merawat tanaman,” kata Mahmudah Herawati.

Taman Bungkul merupakan taman kebanggaan warga kota Surabaya, yang mendapat penghargaan The 2013 Asian Townscape Award (ATA) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Akibat kerusakan pada 11 Mei lalu, Pemerintah Kota Surabaya sedang berupaya mengembalikan seperti kondisi semula, dengan melakukan penanaman kembali taman dan pohon yang dirusak.

Mahmudah Herawati menambahkan, dipilihnya Taman Bungkul sebagai tempat aksi tanam pohon, merupakan upaya membantu pelestarian lingkungan dari ancaman kerusakan. Selain itu langkah ini dilakukan untuk menamankan kebiasaan kepada generasi muda, agar ikut peduli dan memelihara kelestarian lingkungan meski untuk hal yang terkecil.

“Ini kebetulan momennya setelah taman Bungkul rusak hingga pemandangannya tidak bagus. Ya akhirnya kami langsung disini saja, karena taman Bungkul kan bukan milik Surabaya saja, tapi milik seluruh Jawa Timur. Jadi kita ingin masyarakat ikut melestarikan lingkungan,” lanjutnya.

Kanza Pavira Mamoko menambahkan, tidak hanya taman Bungkul, upaya pelestarian alam harus juga dilakukan dimana saja, agar lingkungan bersahabat dengan manusia.

“Kita mau membantu ibu Walikota Surabaya yang tamannya rusak. Taman Bungkul ini sekarang sudah jadi kebanggaan Jawa Timur, sudah seharusnya masyarakat peduli dan ikut menjaganya. Seharusnya acara seperti bagi-bagi es krim tidak sampai menginjak-injak taman sehingga merusak, seringkali masyarakat tidak peduli,” tandas Kanza. Perbaiki Taman Bungkul, Merayakan Kelulusan Dengan Lebih Bermanfaat was first posted on May 22, 2014 at 3:14 am.


sumber 

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D