hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Thursday, May 22, 2014

TAMAN KOTA DI SINGAPORE


[GARDEN BY THE BAY SINGAPORE] Sebuah Konsep Green Desain Yang Menakjubkan !! 17-05-2014 08:11


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيمDengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Asalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Singapura memang negeri kecil dan nyaris tidak mempunyai kekayaan alam. Namun, Singapura adalah negara kaya yang bisa mewujudkan apa yang tidak dipunyainya. Singapura meresmikan sebuah taman yang cukup luas, yakni Garden by the Bay.


Taman ini bukan sekadar taman, melainkan taman yang mewujudkan impian Singapura menjadi kota di tengah taman. Kesadaran bahwa negaranya hanya memiliki lahan sempit, sementara Singapura ingin memberikan segalanya bagi warganya dan bagi wisatawan, maka inovasi yang luar biasa dilakukan Singapura.

Dengan luas yang mencapai 101 hektar, Garden by the Bay memberikan suasana yang berbeda akan sebuah taman. Taman yang dibuat di atas tanah reklamasi ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni Bay South, Bay East, dan Bay Central.











Architect :
Wilkinson Eyre Architects
United Kingdom

Architecture & Engineering Support :
CPG Corporation
Singapore, Republic of

Branding & Signage
Thomas Matthews
United Kingdom

Client / Developer
National Parks, Singapore
Singapore, Republic of

Cost Consultant
Langdon & Seah Singapore Pte
Singapore, Republic of

Design Management
Buro Four
United Kingdom

Engineering Support
Meinhardt (Infrastructure) Pte
Singapore, Republic of

Environmental Engineer
Atelier Ten
United Kingdom

Film & Animations
Squint Opera
United Kingdom

Interpretation & Educational Public Interface
Land Design Studio
United Kingdom

Irrigation Design
WET (Water Equipment Technology)
Australia

Landscape Architect
Grant Associates
United Kingdom

Lighting Consultant
Lighting Planners Associates
Japan

Project Manager
PM Link PTE
Singapore, Republic of

Structural Engineer
Atelier One
United Kingdom



















Bay South merupakan taman yang paling luas dibanding dua taman yang lain. Luasnya mencapai 54 hektar dan terdiri dari dua dome (rumah kaca) besar dan taman terbuka hijau yang di dalamnya terdapat 18 Supertree (pohon raksasa).

Kedua dome itu berisi ribuan tanaman yang berasal dari daerah tinggi. Suhu di dome itu sangat diatur kelembabannya. Bahkan, di dome Cloud Forest pengunjung langsung diterpa udara sejuk berkabut seperti hawa pegunungan pada pagi hari.


flower dome & cloud forest:


ini adalah bangun megah yang spektakuler, merupakan sebuah bangunan rumah kaca yang super megah, merupakan salah satu kehebatan arsitektur, didalam rumah kaca ini.

cloud forest:


the lost world, salah satu daya tarik dari cloud forest
 cloud forest:


disini kita akan naik ke atas bangunan yang menyerupai gunung, dimana terdapat jembatan jembatan layang yang mengitarinya.
cloud forest:


di puncak dari lost world, kita dapat melihat pohon kecubung yang sangat-sangat unik dan indah. mirip seperti di taman yang berada di film avatar
 cloud forest:


suasananya sejuk gan kalo dipagi hari karena diterpa udara berkabut untuk para pengunjung yang mau menjelajah di pagi hari, serasa di pegunungan gan wkwkwk
 cloud forest:


suasana malemnya juga keren gan, dipinggir jembatan lost word menyala lampu2 keren untuk para pengunjung yang mau menjelajah di malam hari
 flower dome:


desain flower dome yang konstruksinya lebih melebar dari cloud forest
 flower dome:


terdapat segala jenis tanaman di flower dome gan
 flower dome:


bangunan rumah kaca yang satu ini, lebih pendek dan melebar dibanding cloud forest., merupakan salah satu taman bunga di singapore yang Ok Banget gan. terdapat bunga-bunga indah dari seluruh dunia.
 flower dome:


rumah kaca ini bersuhu seperti di pegunungan, sangat sejuk dan menyenangkan. cocok banget untuk bersantai di siang hari yg sangat panas. bunga-bunga di flower dome akan ditata sedemikian rupa, sehingga menjadi sangat indah dan artistik.

Konsep taman ini, yang di dalam 2 kubah besar ini, didinginkan dengan memakai hasil kompos tanaman2 yang memang di lindungi di Kebun Raya Singapore. Sampah2 pepohonan di Kebun Raya Singapore, di olah untuk dibuat kompos. Selain untuk pupuk, fungsi lainnya adalah untuk mendinginkan 2 kubah besar itu



Suasana di malam hari juga tidak kalah menarik karena lampu-lampu beraneka warna ikut memeriahkan suasana di dalam dome yang sudah meriah dengan warna-warna bunga. Dome ini memakai kaca khusus yang menyerap sinar, tetapi tidak menyerap panas. Jika Matahari bersinar sangat terik, pelat baja berbentuk segitiga akan menutup kotak-kotak kaca sehingga mengurangi panas.



Coba perhatikan gan. Diatas kaca, jika panas sangat menyengat, maka akan ada selubung yang bergerak untuk menutupi kaca itu, untuk menjaga suhu dingin di dalam kubah konservasi itu.

Di halaman luar, pengunjung juga bisa menikmati Supertree. Supertree adalah bangunan yang berbentuk pohon raksasa. Kolom pohon ini terbuat dari beton yang ditutup dengan kawat yang telah ditumbuhi beragam tanaman. Pada intinya, Supertree adalah taman vertikal.Jadi, di lahan yang sempit ratusan tanaman bisa ditanam dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan.

Supertree berjumlah cukup banyak, yakni 18 buah. Bervariasi tinggi antara 25 dan 50 m, tiap pohon super mengetengahkan bunga-bunga tropis dan pelbagai pakis-pakisan yang merambat pada rangka bajanya. Kanopi yang luas juga berfungsi sebagai pengatur suhu, penyerap dan penyebar panas, yang sekaligus memberi perlindungan dari suhu panas bagi pengunjung yang berjalan di bawahnya.

supertree:

supertree:


Tanaman yang merambat sampai puluhan meter menjulang keatas, salah satu alternatif untuk siapapun yang ingin bertaman ria, namun kekurangan lahan, vertikal garden bisa ente coba gan  

supertree:

 supertree:


Kita bisa naik ke 'Supertrees' dengan ramp yang berjalan melingkar seperti foto diatas ini, sambil memandang sekeling tempat itu, sampai melihat laut ...... indah .....
supertree:

 supertree:

 

supertree:


keindahan supertree dimalam hari dengan lampu2 keren disekelilingnya
 

 supertree:

 

 supertree:

 

 supertree:


Corong air penadah hujan yang futuristis di depan Flower Dome
'Supertrees', yaitu 18 lantai taman vertikal menjulang tinggi, yang memberikan pandangan dari lantai teratas yang sangat menakjubkan! Secara fungsional Supertrees mengumpulkan air hujan, menghasilkan tenaga surya dan bertindak sebagai saluran ventilasi untuk konsevatori taman! Luar biasa vroh !Sebuah taman vertikal, dengan pepohonan yang merambat sampai puluhan meter menjulang keatas, dengan maintenance yang pastinya juga sangat mahal



Sebuah air terjun buatan yang mengalir dari ketinggian 35 meter akan menyita perhatian pengunjung. Selain itu, pengunjung akan terpana melihat koleksi tanaman yang terancam punah seperti nepenthes (tanaman pemakan serangga, kantong semar) dan anggrek hutan.

Pembangunan Garden by the Bay ini memakan waktu delapan tahun, dan membuat tanaman ini menjadi sehat membutuhkan waktu yang cukup lama. dan banyak melibatkan insinyur2 top dunia. Bukan hanya puluhan arsitek dunia, juga puluhan landscaper dunia, puluhan ahli struktur serta ahli2 dunia yang lain

Menikmati Garden by the Bay memang seperti melihat surga bagi penggemar tanaman. Tidak hanya segar di mata, taman ini juga memperluas wawasan akan ilmu pengetahuan. Alhamdulillah selesai sudah penulisan thread ini, segala puji bagi Allah, Rabbul A'lamin


 

Shahiih Gan:
S-U-M-B-E-R 1
S-U-M-B-E-R 2
S-U-M-B-E-R 3
S-U-M-B-E-R 4  





sumber

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D