hidup dan kenyataan gak selalu sama dengan harapan kita

di suatu kehidupan kita membutukan pengorbanan...apa yang kita inginkan harus ditukar dengan suatu pengorbanan...
pikirkan dengan terbaik...karna jika kau salah dengan pilihanmu terahir penyesalan akan selalu datang menghantui mu...

Mendengarkan Al Quran online

Listen to Quran

Monday, May 5, 2014

tips menghindari sakit punggung saat tidur

Tips Hindari Sakit Punggung Saat Tidur

tidur
Nyeri punggung dapat menyerang siapa saja dan dapat terjadi karena beberapa hal. Misalnya saja, karena akan menstruasi atau posisi tidur yang salah. Nah, penyebab karena posisi tidur yang salah adalah salah satu hal yang paling sering dialami oleh beberapa orang sebagai gangguan saat tidur. Pasalnya, nyeri punggung akan sangat mempengaruhi kualitas Anda saat tidur. Bagaimana Anda dapat tidur dengan nyenyak jika punggung Anda sakit.


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah cara meletakkan tubuh yang benar saat tidur. Hal ini untuk menghindari tekanan pada punggung Anda. Letakkan bantal di bawah lutut ketika Anda tidur terlentang, dan letakkan bantal diantara lutut ketika Anda tidur menyamping. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan bentuk tulang belakang saat Anda tidur. Setelah itu, gulung handuk dan ikat pada pinggang (simpul ikatan berada di depan perut).

Lalu jika Anda ingin berbaring (dari posisi berdiri) duduklah terlebih dahulu dan topang tubuh Anda dengan tangan, naikkan dan tekuk lutut Anda kemudian baru berbaring. Dan sebaliknya, jika Anda ingin bangun dari kasur (dari posisi terlentang), miringkan tubuh Anda terlebih dahulu, lalu gunakan tangan untuk menopang tubuh dan turunkan kaki ke lantai.

Perlu Anda ketahui, berbaring terlalu lama dapat membuat tulang bertambah kaku. Jadi, berbaringlah secukupnya dan jangan terlalu lama. Selain memperhatikan beberapa posisi yang bisa menghindari Anda dari sakit punggung saat tidur, Anda pun perlu memperhatikan kualitas dari tidur tersebut. Berikut beberapa tips supaya tidur Anda menjadi lebih nyenyak, diantaranya:

-    Hindari mengonsumsi kafein atau alkohol sebelum Anda tidur, atau pada sore hari.
-    Mandilah air hangat beberapa menit sebelum Anda tidur yang berfungsi untuk membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.
-    Lakukan rileksasi sebelum Anda tidur.
-    Letakkan es dipunggung Anda selama 20 menit.
-    Hindari makan secara berlebihan sebelum tidur. Hal tersebut dapat membuat tidur tidak akan nyenyak dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda pun perlu menggunakan kasur yang baik. Maksudnya adalah kasur yang dapat menopang tulang belakang seperti posisi saat Anda berdiri tegap. Dan, ada baiknya Anda mengganti kasur setelah lima tau tujuh tahun pemakaian. Walaupun bukan termasuk barang yang murah, namun untuk kesehatan tulang,
Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut. Kualitas tidur yang kurang juga dapat mempengaruhi mood Anda.

Review by : dr. Adhiatma Gunawan
Sumber : www.meetdoctor.com

sumber

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan kritik saran dan pendapat anda :D